Jumat, 06 Juni 2014

tips agar tetap segar saat berpuasa

selama bulan suci rahmadan setiap orang muslim dianjurkan menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai tenggelam matahari.

dan bagi orang yang sibuk. tetap beraktifitas seperti biasanya saat sedang menunaikan ibadah puasa. dianjurkan menjaga tubuhnya. agar tetap semangat dan fit jangan sampai lemas dan lesu dibuatnya.

nah maka dari itu dibawah ini sudah saya paparkan bagaimana menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. mari kita simak:


SAAT SAHUR

1. konsumsilah makanan bergizi pada saat sahur atau berbuka puasa. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. saat berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak hari-hari biasa.

2. perbanyak makanan yang berserat. tubuh kita perlu waktu lama untuk mencerna makanan dengan kadar serat tinggi.

3. jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih pada saat mala hari. hal ini berguna agar tubuh kita tidak terkena dehidrasi saat siang hari.

4. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

SAAT BERBUKA

1. saat berbuka dianjurkan minum air hangat dulu. supaya lambung kita tak kaget jika pertama langsung diberi makanan yang berat-berat dan dingin.

2. jangan terlalu kenyang. karena lambung kita butuh ruangan untuk mencerna makanan yang kita makan.

3. minum atau makan makanan yang manis terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar